Jumat, 17 Juni 2011

CINTA DI DALAM GELAS

Judul Buku : Cinta di Dalam Gelas

Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 270 Halaman

Setelah baca Padang Bulan, lanjut baca Cinta di Dalam Gelas. Saya berharap novel kedua ini jauh lebih bagus dari novel pertama. Dan saya pun bisa bilang buku kedua ini lebih menghibur daripada yang pertama. Lebih menghibur bukan berarti lebih bagus ya, saya hanya merasa buku ini menghibur sekali, apalagi bagi penikmat kopi, komedi, melayu dan catur. Lengkap deh tuh.

Saya bukanlah penyuka kopi dan juga tak mengerti catur, mungkin ini salah satu point yang membuat saya merasa kurang ‘ngeh’, dengan membaca buku ini pun tidak membuat suka catur. Rasanya ribet.

Bisa bilang buku ini tentang Maryamah, catur dan kopi. Maryamah yang tidak mengerti apa-apa berusaha keras belajar main catur demi mengalahkan Matarom, mantan suaminya. Maryamah memang wanita perkasa yang mau belajar. Setelah sukses belajar bahasa Inggris dengan baik, dia pun membulatkan tekad untuk bisa memahami catur dengan segala tehniknya.

Hal yang saya ingat :
Warung kopi usah kau kenang lagi.
Buku besar peminum kopi.
Tehnik catur lidah tak bertulang.

Entahlah, saya merasa buku Andrea lebih banyak membuat kelucuan ala melayu yang dikarang dengan sangat menghibur. Seperti kategori org menurut genggaman tangannya saat minum kopi hingga cara mereka memesan kopi. Itu sepertinya dibuat lucu-lucuan saja. Dan yang paling saya bertanya-tanya, apakah penyakit gila yang disebutkan beberapa kali di tiap buku Andrea Hirata itu berurut? Dan apakah ada yang tau sampe berapa sudah urutannya?

Mungkin, Andrea Hirata mampu menghibur banyak orang dengan kelucuan khas melayu yang dibawanya pada buku ini, tapi saya merasa sampai saat ini Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi-lah yang terbaik.

DOWNLOAD DI BAWAH INI

http://www.bukukita.com/katalogbuku.php?masId=1&catId=1&page=1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar